Pembangunan Harus Sesuai Dengan Matrik Desa

 ›  ›  › Pembangunan Harus Sesuai Dengan Matrik Desa

Kapuas Hulu,Semua Berita

Pembangunan Harus Sesuai Dengan Matrik Desa

KAPUAS HULU – MATABORNEO, Wakil Ketua Komisi C DPRD Kapuas Hulu, Hamdi Jafar S,Sos mengatakan, agar pembangunan berjalan optimal setiap pengerjaan fisik ditingkat desa harus sesuai dengan matrik (perencanaan) pembangunan di desa tersebut. Sebab kalau tidak seiring dengan matrik tersebut maka pembangunan bisa tidak tepat sasaran, karena diluar kebutuhan. “Matrik tersebut pasti ada sebagai landasan pembangunan dari desa, bisa berupa hasil dari musrenbang (musyawarah rencana pembangunan) tingkat desa. Jadi pengerjaan fisik harus sesuai itu, karena itu lah kebutuhan masyarakat” ujar Hamdi di ruangkerjanya, Selasa (8/3).
Kemudian yang terpenting, lanjut Hamdi, antara pelaksana kegiatan dengan pihak kecamatan dan desa tempat kegiatan pembangunan, harus saling koordinasi. Supaya tidak terjadi salah faham yang berujung pada pembatalan pembangunan. “Kami dari Dewan kalau ada dalam musrenbang selalu menekankan, harus ada koordinasi antara pelaksana dengan pihak desa. Kalau bisa libatkan desa, dan kecamatan,” ujarnya “kalau tidak demikian sering terjadi salah faham atau miss komunikasi,” ujarnya.
Masyarakat yang sudah menyusun matrik pembangunan seharunya bisa komitmen. Ketika ada pembangunannya harus di dukung. “Bagi pelaksana, sebelum ada kegiatan jangan lupa sosialisasi dulu,” pesan Hamdi.
Hal lain yang perlu dimengerti oleh masyarakat adalah tentang ganti rugi. Karena dari Pemda Kapuas Hulu jarang ada anggaran ganti rugi pada lahan masyarakat yang terkena dampak proyek pembangunan. “Masyarakat harus paham juga, kan pembangunan itu untuk kepentingan bersama. Jadi butuh toleransi,” tutur Hamdi.
Kemudian masyarakat jangan terlalu menghambat pengerjaan dilapangan, awasi saja agar sesuai spek yang ditentukan. Sebab kalau dipermasalahkan dan terjegal, program tersebut baru tahun depan bisa dianggarkan lagi. “Ini tentu menghambat pembangunan pemerintah, kita harus bersama-sama memikirkan agar pembangunan terus berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” tuturnya. (yoh)
Pembangunan Harus Sesuai Dengan Matrik Desa Reviewed by on May 19, 2016 .

KAPUAS HULU – MATABORNEO, Wakil Ketua Komisi C DPRD Kapuas Hulu, Hamdi Jafar S,Sos mengatakan, agar pembangunan berjalan optimal setiap pengerjaan fisik ditingkat desa harus sesuai dengan matrik (perencanaan) pembangunan di desa tersebut. Sebab kalau tidak seiring dengan matrik tersebut maka pembangunan bisa tidak tepat sasaran, karena diluar kebutuhan. “Matrik tersebut pasti ada sebagai landasan

ABOUT AUTHOR /

Leave a Reply

BUDAYA

ALAMAT KANTOR

Kantor : Jl. Pangeran Afandirani, Jalur 2 -Ngabang Di Bimbel Akademi Plato Lantai 2

Email : redaksimataborneonews@gmail.com Telp (0563) 2020118 HP.081352398088
%d bloggers like this: