Sengketa Tapal Batas Sekadau Sintang Ketapang Jadi Polimek

 ›  ›  › Sengketa Tapal Batas Sekadau Sintang Ketapang Jadi Polimek

Sekadau,Semua Berita

Sengketa Tapal Batas Sekadau Sintang Ketapang Jadi Polimek

SEKADAU – MATABORNEO, Permasalahan batas wilayah Kabupaten Sekadau dengan Kabupaten Sintang di Desa Sunsong,Kecamatan Sekadau Hulu dan Batas Sekadau dengan Kabupaten Ketapang di Desa Karang Botong Kecamatan Nanga Mahap masih terus bergulir. akibatnya berdampak pada saat pelaksaan Pemilu kepada masyarakat yang berdomisili di Desa dan Dusun yang menjadi patokan antar Kabupaten belum ada titik temu.
Beberapa kali pemilu DPRD dan Bupati di Bumi Lawang Kuari, masyarakat yang berada di Desa dan Dusun yang masih belum mendapatkan kejelasan batas selalu diselimuti permasalahan dalam mengunakan hak pilih di salah satu Kabupaten yang mereka akui secara adminitrasi dan letak wilayah.
Drs. Adrianto Gondo Kesumo, Asisten satu Pemerintah Kabupaten Sekadau, dikonfirmasi menyatakan sampai saat ini, Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat, masih megeluarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Kalimantan Barat mengenai batas antar Kabupaten untuk Desa Sunsong Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau dengan Desa Bungkong Baru Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang.
“Sampai saat ini suratnya masih di provinsi,” ujar Adrianto.
Sebelumnya, 7 Januari 2015 lalu , masyarakat Desa Sunsong meyurati Pemerintahan Kecamatan Sekadau, Hulu dan Pemerintah Kabupaten Sekadau untuk di sampaikan kepada Gubernur Kalimantan Barat yang  Isi suratnya mendesak Gubernur Kalbar untuk segera mengeluarkan SK penetapan batas wilayah Desa Sunsong secepat mungkin.
Warga merasa  resah dengan ketidak jelasan status wilayah Adminitrasi di Desa Sunsong.Penyelesaian permohonan sengketa wilayah kemudian difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau sampai saat ini belum ada titik terang akan batas wilayah .
Berdasarkan Historis, Sunsong telah terdaftar dalam wilayah Kecamatan Sekadau Hulu semenjak Sekadau masih bergabung dengan Kabupaten Sanggau berdasarkan hasil regrouping Desa sebagaimana ditetapkan dalam SK Gubernur Kepala Daerah Tingkat 1 nomor 353 pada tahun 1987.dari sisi administratif, yuridis dan geografis, setelah di mekarkan dari Desa Biaban, Sunsong lantas menjadi Sebuah Desa.
“ Sebagai Desa bagian dari pemerintahan Kabupaten Sekadau dan terdaftar di Kementerian Dalam Negeri dengan nomor registrasi 6109022015,” tegas Adrianto.
Permaslahan berlanjut dengan adanya surat hasil rapat Penegasan Batas Daerah antara Kabupaten Sekadau dan Sintang dipimpin Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Kalbar dengan inti sisi surat  menginginkan adanya pembagian wilayah Dusun Bungkong menjadi dua bagian satu wilayah masuk ke adminitrasi Kabupaten Sekadau satu wilyah lainya masuk kedalam administrasi Kabupaten Sintang.
Surat tersebut bertolak belakang dengan surat Gubernur Kalbar No : 125.3/2344/Pem-C Kepada Menteri Dalam Negeri di Jakarta yang dalam isi surat tersebut menyatakan bahwa Dusun Sunsong, Dusun Saka Tiga dan Dusun Bungkong masuk wilayah Administratif Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau tahun 2014 lalu.
“lalau masyarakat Desa Sunsong mendatangi pihak Kecamatan Sekadau Hulu dan DPRD untuk melakukan penolakan keputusan surat tersebut, tahun lalu,” ujarnya.
Sementara itu, Camat Sekadau Hulu, Yangson S.Sos menyatakan bahwa dalam upaya penyelesaian sengketa tapal batas  Desa Sunsong dengan Desa Bungkong Baru yang juga menjadi batas adminitrastif antar Kabupaten sudah dilakukan tim dari masing-masing Kabupaten (Sekadau-Sintang) dengan Biro pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat.
“Survey lapangan sudah dilakukan tim PNBD Provinsi, kita berharap dalam waktu dekat sudah ada ditetapkan putusan,” tegas Yangsun.
Nasib serupa juga di alami Dusun Ensyang Desa Karang Betung,Kecamatan Nanga Mahap Kabupaten Sekadau dimana daerah paling selatan Kabupaten Sekadau itu sampai saat ini juga belum mendapatkan kepastian letak batas antar Desa yang menjadi batas Adminitratif Kabuaten Sekadau dengan Desa Kenyabur,Kecamata Ulu Air, Kabupaten Ketapang.
“Dusun Ulu Sungai dan  Ensayang yang dikatakan masuk dalam wilayah Adminitrasi Kec.Ulu Air.Kabupaten Ketapang.
meski demikian selama ini warga yang menempati Dusun tersebut masih dalam kondisi  arif menyikapi permasalahan tapal batas,” ujar Hermanto S.Sos Camat Nanga Mahap.
Guna penyelesaianya sejak tahun 2009, telah digelar beberapa kali pertemuan untuk menyepakati tapal batas Desa di dua Kabupaten. meski demikian tidak membuahkan hasil.
selama puluhan tahun, Desa Karang Botong dan Dusun Ensayang mendapat fasilitas pembangunan dari Kecamatan Nanga Mahap semenjak Kecamatan Nanga Mahap masih berstatus wilayah Kabupaten Sanggau sampai dengan setelah Sekadau dimekarkan menjadi Kabupaten saat ini. (Joy)
Sengketa Tapal Batas Sekadau Sintang Ketapang Jadi Polimek Reviewed by on May 19, 2016 .

SEKADAU – MATABORNEO, Permasalahan batas wilayah Kabupaten Sekadau dengan Kabupaten Sintang di Desa Sunsong,Kecamatan Sekadau Hulu dan Batas Sekadau dengan Kabupaten Ketapang di Desa Karang Botong Kecamatan Nanga Mahap masih terus bergulir. akibatnya berdampak pada saat pelaksaan Pemilu kepada masyarakat yang berdomisili di Desa dan Dusun yang menjadi patokan antar Kabupaten belum ada titik temu.

ABOUT AUTHOR /

Leave a Reply

BUDAYA

ALAMAT KANTOR

Kantor : Jl. Pangeran Afandirani, Jalur 2 -Ngabang Di Bimbel Akademi Plato Lantai 2

Email : redaksimataborneonews@gmail.com Telp (0563) 2020118 HP.081352398088
%d bloggers like this: