Putri Bupati Melawi Menikah

 ›  ›  ›  › Putri Bupati Melawi Menikah

KALIMANTAN BARAT,Melawi,Semua Berita

Putri Bupati Melawi Menikah

Foto : Pernikahan Yessy Melania, Putri Bupati Melawi, melangsungkan pernikahannya dengan Agustinus Sabino

 

MATABORNEONEWS.COM, Melawi–Senin (27/02) bertempat di Gereja Santa Perawan Maria Diangkat Kesurga Nanga Pinoh, pada pukul 08.00 pagi dilangsungkan acara pernikahan dan dilanjutkan dengan resepsi bertempat di Pendopo Rumah Jabatan Bupati mulai pukul 14.00-21.00.WIB.
Resepsi pernikahan Yessy Melania, melangsungkan pernikahannya dengan Agustinus Sabino. Yessi Melani merupakan putri sulung dari Panji dengan Ibu Asnawati, yang dilangsungkan pada hari Senin (27/02-2017). Agustinus Sabino merupakan putra dari Selvinus dengan Seselia Salimah (Alm), putra ke dua dari tiga bersaudara.

Penggunaan Pendopo ini bertujuan agar masyarakat dapat melihat, dan berkunjung secara langsung di kediaman Bupati Melawi yang mungkin selama ini beberapa kalangan masyarakat tidak dapat dengan mudah berkunjung ke Pendopo Bupati. Ini yang dimaksud dengan pernikahan merakyat dan rangkaian acara berlangsung selama dua hari

Selasa (28/02) kediaman pribadi pengantin perempuan dilaksanakan acara Adat yang` bertujuan untuk saling menghayati makna kehidupan. Karena pada dasarnya tujuan dari pada pernikahan untuk menciptakan rumah tangga yang harmonis dan serasi.

Salah seorang anggota panitia Pernikahan Yessy dan Agustinus, Joni M, undangan yang tersebar ribuan. Selain itu kerabat Bapak Panji, sahabat dari dalam kabupaten Melawi maupun luar kabupaten Melawi juga diundang.
Puncak acara ini dilakukan pada hari, Selasa (28/02) yaitu Nikah Adat Dayak Seberuang dan Adat Dayak Kanayant. Ritual ini dimulai pada jam 08.00 pada di tempat rumah pengantin perempuan di Desa Tembawang Panjang, Kecamatan Nanga Pinoh.
Setelah Ritual Adat Dayak Seberuang dan Dayak Kanayant atau Pembacaan Doa untuk rumah tangga yang harmonis.

Acara adat masih berlanjut dengan Berbagi Peraga Adat Dayak Seberuang dan Dayak Kanayant kepada kedua belah pihak. Usai adat tersebut disambung dengan pemberian Petuah dari Orang Tua dan Tetua Adat Dayak Seberuang dan Acara diakhiri dengan Bacancak atau makan bersama (saprahan).

Menurut Joni M acara Adat Dayak Seberuang dan Dayak Kanayant ini dilakukan dengan tujuan menghidupkan kembali Adat Dayak dan budaya Dayak Yang Harmonis, khususnya perkawinan. Selain itu juga menampilkan ciri khas dalam berpakaian adat Dayak.

Sebelum acara puncak pernikahan adat Yessy Dan Agustinus, terlebih dahalu dilakukan acara pembukaan tuak pemali oleh Ivo Titus Mulyono yang dibarengi dengan berbagai ungkapan pantun.

Sementara ketua Dewan Adat Dayak (DAD), Sudarmono menyampaikan berbagai petuah petuah kepada kedua mempelai,”keluarga Dayak yang harmonis, bagaimana keluarga Dayak bisa harmonis, keluarga harus tulus dan tidak mau mencemarkan nama istri maupun nama suami dimuka umum serta nama orang tua dan nama mertua,”contohnya, keluarga Yusuf, ia tidak mau mencemarkan nama istrinya dimuka umum,”keluarga yang bisa mempertimbangkan persoalan. Artinya keluarga yang arief dan bijaksana,”ucap Sudarmono

Kembali Sudarmono menyampaikan berbagai petuah-petuah, keluarga yang arief dan bijaksana itu, adalah keluarga yang mampu memberi harapan. Dan apa harapan keluarga itu,”adalah keselamatan, harapan kekuatan, harapan kecukupan, harapan memimpin diri sendiri serta memimpin keluarga. Serta harapan mencintai Tuhan, keluarga dan pekerjaan, “kedua mempelai, agar dapat berbuat seperti yang tuhan sudah perintahkan,suami harus mengasihi istri dan istri juga harus mengasihi suami.”Orang yang berada dalam kesadaran perlu anugerah, orang yang hidup dalam anugerah punya perasaan. Yaitu perasaan malu, bersalah, terharu serta menyesal. Untuk bisa harmonis, harus tulus dan tidak mau mencemarkan nama serta harus mempertimbangkan persoalan dan harus berbuat seperti tuhan kehendaki.

Ribuan para tamu serta undangan hadiri resepsi pernikahan Yessy M dan Agustinus S, para tamu yang hadir berasal dari berbagai kalangan mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama serta masyarakat kabupaten Melawi. Bahkan, para bupati dan mantan Bupati Melawi H. Firman Muntaco beserta Ny Henny Dwi Rini juga turut hadir dalam undangan.

Ribuan masyarakat hadir mulai dri pejabat sampai tukang sayur. Sungguh sebuah pesta rakyat yang meriah,  dari Bupati Sintang, Wabup Sintang, Ketua DPRD, wakil ketua DPRD Sintang, Milton, Adrianus Saad, Gidot, Bupati Bengkayang dan SKPD, Kasrem dan seluruh Dandim se Kalbar dihibur oleh artis ibukota Dian Pisesa, Endang S Taurina, Ratih Purwasih, Yayuk Suseno, Hetty Sunjaya, Dina Marisna.

Acara resepsi yang dikemas secara megah itu dan ditambah dengan dekorasi bunga warna putih serta hiasan – hiasan lampu. Dan ditambah dengan alunan lagu-lagu yang dilantunkan artis – artis dari ibukota Jakarta.

 

Pewarta  : Hadi

Editor     : Dody

Putri Bupati Melawi Menikah Reviewed by on March 6, 2017 .

Foto : Pernikahan Yessy Melania, Putri Bupati Melawi, melangsungkan pernikahannya dengan Agustinus Sabino   MATABORNEONEWS.COM, Melawi–Senin (27/02) bertempat di Gereja Santa Perawan Maria Diangkat Kesurga Nanga Pinoh, pada pukul 08.00 pagi dilangsungkan acara pernikahan dan dilanjutkan dengan resepsi bertempat di Pendopo Rumah Jabatan Bupati mulai pukul 14.00-21.00.WIB. Resepsi pernikahan Yessy Melania, melangsungkan pernikahannya dengan Agustinus

ABOUT AUTHOR /

Leave a Reply

%d bloggers like this: