Ulasan Yamaha All New V-Ixion R: Dominan Berkat Fitur Unggulan

 ›  ›  › Ulasan Yamaha All New V-Ixion R: Dominan Berkat Fitur Unggulan

OTOMOTIF,Semua Berita

Ulasan Yamaha All New V-Ixion R: Dominan Berkat Fitur Unggulan

MATABORNEONEWS.com – Adanya huruf ‘R’ di belakang nama motor tersebut bukan tanpa arti. Karena kenyataannya All New V-Ixion R membawa sejumlah fitur unggulan yang membuatnya lebih dominan. Baik All New V-Ixion ataupun All New V-Ixion R merupakan produk terbaru Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang rilis di IIMS 2017. Perbedaan paling nyata dari keduanya adalah pada sektor ruang bakar. Di mana All New V-Ixion R dirancang sebagai varian yang lebih berperforma dibanding All New V-Ixion. Caranya dengan mengadopsi mesin milik R15.

Yamaha All New V-Ixion R

Di atas kertas mesin yang dipakai oleh All New V-Ixion R lebih dominan dalam hal diameter langkah, kompresi, cc, hingga semburan tenaga dan torsi yang puncak yang dihasilkannya. Terlebih lagi unit mesin tersebut sudah menggunakan teknologi katup variable VVA yang menjadi andalan Yamaha untuk produk-produk flagship-nya. Teknologi tersebut disematkan berbarengan dengan Assist and Slipper Clutch yang bisa dibilang sebuah terobosan di kelas 150 cc.

Kalau sederet teknologi tersebut masih dirasa kurang, performa All New V-Ixion R ditunjang pula oleh bobot motor yang lebih ringan dibanding kembarannya. Selisinya sampai satu kilogram. Seperti diketahui, bahwa lebih ringan bobot kendaraan maka akan lebih mudah untuk diajak berakselerasi. Nah, cukup bikin penasaran kan performa All New V-Ixion R ini?

Yamaha All New V-Ixion R

Soal desain bodi, gak banyak perbedaaanya dengan All New V-Ixion. Hanya saja pemakaian komponen-komponen dari R15, seperti swing arm aluminium menjadikan tampang motor ini lebih berisi. Ditambah penggunaan ban belakang yang lebih gambot dengan harapan bisa menghadirkan traksi dan kestabilan ekstra pada motor ini. Pelek juga berbeda dan jelas lebih keren.

Bisa dilihat pula, pada All New V-Ixion R gak ada pijakan tumit buat mengoper gigi. Jadi sistemnya dicongkel semua. Berbeda dengan varian All New V-Ixion yang masih ada pijakan tumitnya. Hal ini memang terlihat sepele, namun cukup bisa memberikan perbedaan sensasi berkendara pada akhirnya.

Yamaha All New V-Ixion R

Baik All New V-Ixion ataupun All New V-Ixion R sama-sama sudah menggunakan bohlam LED untuk lampu depan dan belakangnya. Kesamaannya juga termasuk adanya lampu hazard sebagai fitur keselamatan ketika berhenti darurat. Dan speedometer-nya juga sudah sama-sama digital dengan dilengkapi Shift Timing Light. Untuk diketahui pula bahwa produsen menyediakan jalur kabel USB charger yang bisa disulap sebagai power outlet.

Oiya, mungkin gak banyak yang menyadari kalau bentuk kenalpot milik All New V-Ixion R terlihat berbeda dengan milik All New V-Ixion. Kenalpot pada motor ini punya bentuk yang lebih pendek dan tebal. Belum diketahui apakah ada perbedaan teknis di dalamnya atau perubahan ini hanya sebatas mengejar tampilan yang lebih sporti.

Yamaha All New V-Ixion R

Dengan sederet kelebihannya maka versi naked R15 ini memang cukup menggoda calon konsumen di kelasnya. Namun, All New V-Ixion R masih menyimpan satu misteri, yaitu harga. Sekarang, harga All New V-Ixion berkisar Rp26 juta dan untuk R15 ada di angka Rp34,5.

Bisa dipastikan harga All New V-Ixion R berada di antaranya. Sayangnya, rentang harga tersebut cukup jauh sehingga sulit buat menakarnya. Yang jelas All New V-Ixion R bakal menjadi pilihan bergensi di keluarga V-Ixion.

Spesifkasi Yamaha All New V-Ixion R
Length x Width x Height: 1950 x 720 x 1025 mm
 Wheelbase: 1320 mm
 Ground clearance: 165 mm
 Seat height: 795 mm
 Curb weight: 131 kg
 Fuel tank capacity: 11 L
 Engine type: Liquid Cooled 4 Stroke, SOHC
 Cylinder arrangement: Single Cylinder
 Bore x stroke: 58 x 58.7
 Compression Ratio: 11.6±0.4 : 1
 Cylinder Volume: 155.1 cc
 Maximum power: 14.2 kW / 10000 rpm
 Maximum torque: 14.7 Nm / 8500 rpm
 Starting system: Electric Starter
 Lubrication system: Wet Sump
 Fuel system: Fuel Injection
 Clutch type: Wet Type Multi-Plate Clutch
 Transmission type: Manual
 Frame type: Diamond
 Front suspension: Telescopic
 Rear suspension: Swing Arm
 Wheel type: Tubeless
 Front wheel: 90/80-17M/C 46P
 Rear wheel: 130/70-17M/C 62P


Editor : Dodi Mtbn
Sumber : Gilamotor
Ulasan Yamaha All New V-Ixion R: Dominan Berkat Fitur Unggulan Reviewed by on July 1, 2017 .

MATABORNEONEWS.com – Adanya huruf ‘R’ di belakang nama motor tersebut bukan tanpa arti. Karena kenyataannya All New V-Ixion R membawa sejumlah fitur unggulan yang membuatnya lebih dominan. Baik All New V-Ixion ataupun All New V-Ixion R merupakan produk terbaru Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang rilis di IIMS 2017. Perbedaan paling nyata dari keduanya adalah pada

ABOUT AUTHOR /

Leave a Reply

BUDAYA

ALAMAT KANTOR

Kantor : Jl. Pangeran Afandirani, Jalur 2 -Ngabang Di Bimbel Akademi Plato Lantai 2

Email : redaksimataborneonews@gmail.com Telp (0563) 2020118 HP.081352398088
%d bloggers like this: