Tiga Kecamatan di Bengkayang Belum Ada KUA

 ›  ›  ›  ›  › Tiga Kecamatan di Bengkayang Belum Ada KUA

Bengkayang,KALIMANTAN BARAT,Kapuas Hulu,Semua Berita

Tiga Kecamatan di Bengkayang Belum Ada KUA

H. Mi'Rad Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bengkayang.

 

MATABORNEONEWS.com, Bengkayang – Sudah 18 tahun Bengkayang menjadi kabupaten, namun akses untuk menikah khususnya umat muslim belum terjangkau.”Berdasarkan data yang ada, baru 14 kecamatan memiliki KUA (Kantor Urusan Agama, Red) sedangkan sisanya tiga kecamatan belum ada,” beber Mi’rad, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bengkayang melalui pesan singkat. Ia merincikan, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kecamatan Lembah Bawang, dan Tujuh Belas belum ada KUA.Diakui Mi’rad, selama ini untuk melayani masyarakat khususnya umat Islam untuk menikah harus ke KUA terdekat.

Ia memisalkan, warga Kecamatan Sungai Raya Kepulauan bila ada yang mau menikah di KUA, maka mendatangi KUA Sungai Raya. Begitu juga masyarakat Kecamatan Tujuh Belas, bila mau nikah ke KUA maka mendatangi KUA Sanggau Ledo. Sama halnya dengan masyarakat Kecamatan Lembah Bawang, mendatangi KUA Samalantan sebagai Kecamatan induk sebelum pemekaran bila ada warga muslim mau menikah.”Kami telah mengajukan usulan ke Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Barat dalam hal pembangunan KUA di tiga kecamatan tersebut,” terangnya. Ia berharap, ketiga kecamatan tersebut bila tahun ini belum terealisasikan dalam pembangunan KUA, semoga tahun berikutnya dapat dibangun. Adapun 14 kecamatan di Kabupaten Bengkayang sudah memiliki KUA ialah Bengkayang yang berada di Jalan Sanggau Ledo tepatnya samping Kantor Camat Bengkayang.

KUA Lumar berada di Kampung Panahan Dusun Sempayuk Desa Belimbing. KUA Ledo berada di Dusun Tanjung Desa Lesabela.KUA Sanggau Ledo berada di Jalan Sujadi. KUA Suti Semarang berada di Jalan Suti Semarang. KUA Seluas berada di Jalan Seluas, KUA Jagoi Babang berada di Jalan Seluas. KUA Siding berada di Jalan Raya Siding, KUA Monterado berada di Jalan Raya Benawa Bakti. KUA Samalantan berada di depan Koramil Samalantan (Jalan Raya Bengkayang), KUA Sungai Raya berada di Jalan Raya Sungai Duri, KUA Capkala berada di Jalan Mandor. KUA Teriak berada di Jalan Raya Teriak, dan KUA Sungai Betung berada di Jalan Raya Singkawang. Adapun jumlah penduduk Kabupaten Bengkayang ialah sebanyak 99.575 jiwa data 2016 dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkayang.

 

Pewarta  : Yopi

Editor     : Dodi Mtbn
Tiga Kecamatan di Bengkayang Belum Ada KUA Reviewed by on September 18, 2017 .

H. Mi’Rad Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bengkayang.   MATABORNEONEWS.com, Bengkayang – Sudah 18 tahun Bengkayang menjadi kabupaten, namun akses untuk menikah khususnya umat muslim belum terjangkau.”Berdasarkan data yang ada, baru 14 kecamatan memiliki KUA (Kantor Urusan Agama, Red) sedangkan sisanya tiga kecamatan belum ada,” beber Mi’rad, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bengkayang melalui pesan

ABOUT AUTHOR /

Leave a Reply

%d bloggers like this: