Pemerintah Bakal Naikan Tunjangan Penyuluh Agama Non PNS

 ›  ›  ›  › Pemerintah Bakal Naikan Tunjangan Penyuluh Agama Non PNS

KALIMANTAN BARAT,Semua Berita,Sintang

Pemerintah Bakal Naikan Tunjangan Penyuluh Agama Non PNS

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Terry Ibrahim.
MATABORNEONEWS.com, Sintang – Angin segar bagi Penyuluh agama non Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di Kabupaten dari semua agama bakal dinaikkan tunjangan insentifnya oleh pemerintah. Selama ini, upahnya terbilang minim. Padahal, jasa dan pengabdiannya dinilai sangat besar kepada umat beragama, khususnya di pedalaman.
“Teman-teman penyuluh agama swasta, hidupnya sulit. Jasa dan pengabdiannya, sangat besar,” kata Bupati Sintang Jarot Winarno, Kamis (4/1).
Insentif bulanan yang diterima oleh penyuluh agama non PNS, menurut Jarot hanya Rp 500 ribu rupiah. Nominal itu, kata dia sangat kecil sekali. Tidak sebanding dengan kesulitan menjangkau tempat tugas. “Mereka secara resmi hanya mendapatkan insentif, 500 ribu. Kecil sekali itu,” ungkap Jarot.
Melihat persoalan ini, pemerintah menurut Jarot harus bekerjasama dengan DPRD untuk bisa menambah insentif bagi tenaga penyuluh agama di pedalaman.
“Kami sedang menyusun desainnya seperti apa nanti. Karena penyuluh agama ini, banyak sekali di lapangan. Mereka hanya mendapat insentif 500 ribu. Bagaimana (dengan uang sedikit itu-red) mau mengisi siraman rohani ke beda-beda lokasi. Kehidupan di pedalaman, hidupnya sulit. Kami (akan) pikirkan,” kata Jarot.
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Terry Ibrahim mengungkapkan, upaya pemerintah kabupaten berencana menaikkan insentif penyuluh agama didukung sepenuhnya.
Terry menyebutkan, dengan insentif yang rendah tidak sebanding dengan tingkat mobilisasi yang tinggi bagi penyuluh agama. Khususnya yang berada di daerah pedalaman.
“Oleh karena itu, kalau hanya Rp 500 ribu per bulan,  ya saya rasa itu sangat minim sekali. Oleh karena itu, rencana kenaikan insentif itu baik sekali,” ujarnya.
Menurut Terry, apabila penyuluh agama tidak difasilitasi dengan baik, bagaimana tugas dan tanggungjawab mereka memberikan siraman rohani ke umat beragama. Dengan adanya rencana itu, kata dia, DPRD tentu sangat mendukung sekali. “Pada prinsipnya ketika itu sudah dikaji dengan baik, tentu kami beri dukungan. Artinya, dalam APBD tentu harus diakomodir itu. Ya minimal sesuai dengan Upah Minimum Regional (UMR) lah. Tapi diukur juga dengan kemampuan daerah,” pungkasnya.
Pewarta  : Susianti

Editor     : Dodi Mtbn
Pemerintah Bakal Naikan Tunjangan Penyuluh Agama Non PNS Reviewed by on January 7, 2018 .

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Terry Ibrahim. MATABORNEONEWS.com, Sintang – Angin segar bagi Penyuluh agama non Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di Kabupaten dari semua agama bakal dinaikkan tunjangan insentifnya oleh pemerintah. Selama ini, upahnya terbilang minim. Padahal, jasa dan pengabdiannya dinilai sangat besar kepada umat beragama, khususnya di pedalaman. “Teman-teman penyuluh agama swasta,

ABOUT AUTHOR /

Leave a Reply

BUDAYA

ALAMAT KANTOR

Kantor : Jl. Pangeran Afandirani, Jalur 2 -Ngabang Di Bimbel Akademi Plato Lantai 2

Email : redaksimataborneonews@gmail.com Telp (0563) 2020118 HP.081352398088
%d bloggers like this: