Kembangkan Budidaya Ikan, Kadis DKPP Panen Ikan Nila

 ›  ›  ›  › Kembangkan Budidaya Ikan, Kadis DKPP Panen Ikan Nila

KALIMANTAN BARAT,Semua Berita,Sintang

Kembangkan Budidaya Ikan, Kadis DKPP Panen Ikan Nila

MATABORNEONEWS.com, Sintang – Pemerintah Kabupaten Sintang sedang getol getolnya mengembangkan dan meningkatkan Produksi budidaya Perikanan untuk memenuhi kebutuhan gizi hewani. Di samping produksi yang cukup menjanikan,perikanan budidaya juga di tuntut untuk lebih mandiri, memiliki daya saing dan berkelanjutan.

Disamping itu juga perlu memanfaatkan dan memelihara sumberdaya alam secara bijak sehingga dapat terus berproduksi secara berkelanjutan. Dengan tiga hal tersebut maka perikanan budidaya akan mampu mendukung dan menjadi bagian dari ketahanan pangan dan sekaligus meningkatkan pendapatan. Hal ini sesuai dengan kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan.

“Hasil panen ikan kelompok tani (pembudidaya ) Berkat Usaha di Dusun Mensiku pantai ini cukup lumayan ini sekaligus untuk meningkatkan pendapatan,saya apresiasi baik kelompok tani maupun kepada PPL yang setia memberi pendampingan,pun demikian saya berpesan kepada semua elemen terutama masyarakat bantaran sungai kapuas ini untuk bisa memanfaatkan pantai dan menjaga biota dan ekosistem sungai agar terjaga dengan baik agar tidak punah ,”pinta Camat Binjai Hulu Kusnidar pada Kamis,(18/1) saat menghadiri panen ikan.

Kepala DKPP Sintang H.Zulkarnaen menyatakan, panen tersebut sebagai bentuk motivasi, perhatian dan dukungan dari pemerintah.

Khususnya perhatian dari DKPP Sintang kepada kelompok pembudidaya ikan Berkat Usaha yang ada di Dusun Mensiku Pantai Desa Mensiku Kecamatan Binjai Hulu “Kami memotivasi agar lebih meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usaha budidaya perikanan terutama budaya ikan nila di kerambak ,” kata H.Zulkarnaen.

Dia mengharapkan, dengan keberhasilan panen ikan yang kedua kalinya milik kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Berkat Usaha tersebut sedianya para penerima paket bantuan ini agar dapat lebih meningkatkan lagi kegiatan usaha budidaya ikan, sesuai potensi daerah yang dimiliki serta dengan teknik pembudidayaan yang baik.

“Kami berharap dengan adanya program bantuan pemerintah melalui kegiatan pengadaan budidaya ikan air tawar bisa dikelola dan dimanfaatkan secara maksimal,” tandasnya.

Zulkarnaen menambahkan, panen ikan ini dalam rangka pelaksanaan program dan kegiatan peningkatan sarana dan prasarana di bidang perikanan, yang teralokasi melalui DAK Bidang Kelautan dan Perikanan tahun anggaran 2017. Salah satu kegiatannya adalah pengadaan sarana dan prasarana pemberdayaan usaha skala kecil masyarakat nelayan dan pembudidayaan ikan.

Petugas Penyuluh Perikanan DKPP Lina M menyatakan panen ikan nila di Desa Mensiku tersebut merupakan bantuan dana DAK 2017.

“Saya selalu penyuluh kecamatan Binjai terimakasih kepada pembudidaya ikan yang bersumgguh-sungguh dalam menjalankan usaha dalam bidang perikanan diharapkan dapat berkelajutan karena usaha dibidang perikanan ini cukup menjanjikan.”harapnya.

Dana DAK tersebut untuk 5 kelompok 1 paket lengkap berupa kolam terpal 4 paket hemat benih dan pakan namun dari 5 kelompok yang mendapat bantuan baru 60% dinyatakan berhasil.

Yusuf Ketua kelompok tani tunas harapan dari binjai hilir dia berterimakasih kepada PPL telah didaftarkan kelompok taninya,hanya saja saat ini pihaknya memelihara ikan patin dan emas,Dia berharap kepada pemerintah untuk membuat kolamnya pernanen pasalnya saat ini kolam miliknya masih tanah.

Ketua kelompok tani Berkat Usaha Abdurahman mengatakan bantuan bibit itu mudah tetapi yang jadi persoalan yakni pakan ,dia mengusulkan mesin pakan.

Kelompok Tani Mandiri usman syarif mengaku kesulitan untuk pembesaran karena faktor alam dan pemasaran.

Dipenghujung acara Kadis menambahkan bagi para kelompok tani tersebut untuk mengajukan kembali semua usulanya secara tertulis agar dapat terkaver.

Hadir kesempatan tersebut Kepala Dinas dan Sekretaris KKP,Camat Binjai Hulu Kusnidar Sekdes,Ketua Fishing Clup,Para PPL,Ketua UPT innai dan Ketungau serta 5 kelompok tani.

 

 

Pewarta : Susianti

Editor.    : Dodi Mtbn
Kembangkan Budidaya Ikan, Kadis DKPP Panen Ikan Nila Reviewed by on January 19, 2018 .

MATABORNEONEWS.com, Sintang – Pemerintah Kabupaten Sintang sedang getol getolnya mengembangkan dan meningkatkan Produksi budidaya Perikanan untuk memenuhi kebutuhan gizi hewani. Di samping produksi yang cukup menjanikan,perikanan budidaya juga di tuntut untuk lebih mandiri, memiliki daya saing dan berkelanjutan. Disamping itu juga perlu memanfaatkan dan memelihara sumberdaya alam secara bijak sehingga dapat terus berproduksi secara berkelanjutan.

ABOUT AUTHOR /

Leave a Reply

%d bloggers like this: