ULP Kab.Sintang Diduga Memainkan Lelang Proyek Negara Hingga Miliaran Rupiah

 ›  ›  › ULP Kab.Sintang Diduga Memainkan Lelang Proyek Negara Hingga Miliaran Rupiah

Semua Berita,Sintang

ULP Kab.Sintang Diduga Memainkan Lelang Proyek Negara Hingga Miliaran Rupiah

MATABORNEONEWS.COM, Sintang – Terkait pemberitaan yang beredar beberapa hari belakangan ini soal kegiatan Pokja 1 Konstruksi di  ULP Kabupaten Sintang  yang menyajikan lelang kegiatan pembangunan lanjutan Kantor Disperindagkop dan UKM yang terletak di Jalan Oevang Oeray Baning Kota Sintang, yang menelan dana hingga Rp.3,28 Milyar ternyata disikapi keras oleh Syamsul Haidir, selaku kuasa direktur dari PT Teknik Jaya Mandaya yang gugur dalam keikutsertaan lelang proyek tersebut hingga berujung pelaporan kepihak Kejaksaan Negeri Sintang,

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Sintang,Juniaddinor,SH pada mataborneonews.com, Selasa (25/10)  menyatakan bahwa pihaknya telah menerima sepucuk surat aduan yang dilayangkan Syamsul Haidir, selaku kuasa direktur dari PT. Teknik Jaya Mandaya dalam hal ini melaporkan pihak Kontruksi Pokja 1 ULP Kabupaten Sintang.

Surat yang berisikan  melaporkan dugaan kecurangan/penipuaan/ dengan dugaan kerugian Negara mencapai puluhan miliar rupiah yang diduga melibatkan oknum-oknum kelompok Kerja di ULP Sintang.

Kronologis
‪Saya sebagaimana tersebut diatas menerima kuasa direktur dari PT Teknik Jaya Mandaya, melakukan Penawaran Pelelangan Pembangunan Gedung Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sintang, adapun kecurigaan atas pelelangan tersebut dapat saya rincikan.

‪1. Nama Proyek sudah tidak sesuai dengan yang dilelang, sebab nama proyek yang dilelang adalah pembangunan gedung Kantor Dinas Perindusrian dan Perdagangan, sedangkan Faktanya adalah lanjutan saja bukan membangun baru. Selaku Pelapor saya menduga, telah terjadi upaya markup harga sehingga para peserta lelang tidak berani memberikan penawaran karna kecilnya pagu dana yang berbanding terbalik dengan kondisi sebenarnya yang hanya meneruskan pembangunan yang sudah ada saja.
‪2. Dalam proses pelelangan kami juga menemukan fakta adanya dugaan upaya Pokja untuk merugikan keuangan negara.

a. Pihak panitia menggugurkan peserta dengan angka nilai tawar terendah dan mengambil pemenang dengan nilai tawar tertinggi, dalam kasus proyek pembangunan gedung kantor Disperindag telah terlihat jelas dan terang upaya merugikan keuangan Negara.
‪b. Dalam Proses Lelang, PokJA 1 yang bertanggung jawab terhadaop proses lelang juga kami indikasikan sudah mengunggulkan satu perusahaan tertentu dengan menggugurkan 2 perusahaan penawar terendah termasuk perusahaan PT. TEKNIK JAYA MANDAYA hanya dengan alasan Metode yang secara hukum setau kami belum ada regulasinya  dapat menggugurkan Penawaran.
‪c. Beberapa poinn penting lainnya  dalam laporan ini akan kami sampaikan klarifikasi langsung kepada kejaksanaan negri sintang baik tertulis maupun Lisan,

Atas beberapa item laporan singkat ini saya meminta Kejaksanaan Negeri Sintang agar segera.

‪1. MEMERIKSA SEMUA KELOMPOK KERJA PELELANGAN DI ULP SINTANG TERMASUK UNSUR KETUA KARNA KAMI DUGA TERLIBAT DALAM PENGARAHAN PEMENANG PROYEK UNTUK KEPENTINGAN PRIBADI

‪2. MEMBUKA SEMUA DOKUMEN PENAWARAN AGAR TERLIHAT TERANG DAN JELAS SEBAB SELAMA INI HANYA PIHAK POKJA SAJA YANG MENGETAHUI BENTUK DAN PENAWARAN YANG DILAKUKAN PERUSAHAAN BAIK YANG DIUNGGULKAN MAUPUN YANG TIDAK DIUNGGULKAN, SEHINGGA DENGAN MUDAH PIHAK POKJA DAPAT MENGGUGURKAN PENAWARAN PERUSAHAAN.

‪3. MEMINTA POKJA DI ULP SINTANG MEMBUKA SEMUA DOKUMEN PERSONIL DAN DOKUMEN PENTING LAINNYA KARNA KAMI DUGA TERJADI TUMPANG TINDIH DOKUMEN YANG BERTENTANGAN DENGAN PERATURAN YANG TELAH DITETAPKAN

‪4. MEMINTA ULP SINTANG MEMBERIKAN PENJELASAN DAN MEMBUKA DOKUMEN PEMENANG LELANG DARI TAHUN 2014 SAMPAI DENGAN 2016 GUNA MELIHAT TRANSPARANSI PANITIA LELANG.

‪5. MENGHUKUM PANITIA / OKNUM ULP SINTANG YANG TERBUKTI MEMAINKAN LELANG PROYEK NEGARA YANG BERAKIBAT PADA KERUGIAN NEGARA MENCAPAI PULUHAN MILIAR, JIKA DIAKUMULASIKAN DARI SEMUA PROYEK YANG ADA DENGAN MENGGUGURKAN PELELANG DENGAN NILAI TAWAR TERENDAH.

‪6. SEBAGAI BUKTI AWAL KAMI LAMPIRKAN BUKTI SANGGAHAN PERUSAHAAN UNTUK NANTINYA AKAN DIKONFRONTIR DENGAN PIHAK ULP.

Menyikapi isi surat tersebut pihak Kejaksaan Negeri Sintang masih akan menelaah dan akan menindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku.

“Kami baru menerima surat laporan tersebut dan akan kita pelajari dan ditelaah lebih dulu,”pungkasnya.

Pewarta : Susianti

Editor      : Dody

ULP Kab.Sintang Diduga Memainkan Lelang Proyek Negara Hingga Miliaran Rupiah Reviewed by on October 26, 2016 .

MATABORNEONEWS.COM, Sintang – Terkait pemberitaan yang beredar beberapa hari belakangan ini soal kegiatan Pokja 1 Konstruksi di  ULP Kabupaten Sintang  yang menyajikan lelang kegiatan pembangunan lanjutan Kantor Disperindagkop dan UKM yang terletak di Jalan Oevang Oeray Baning Kota Sintang, yang menelan dana hingga Rp.3,28 Milyar ternyata disikapi keras oleh Syamsul Haidir, selaku kuasa direktur dari

ABOUT AUTHOR /

Leave a Reply

%d bloggers like this: