DPRD Minta Polres Sintang Usut Tuntas Oknum Polisi Lakukan Pungli

 ›  ›  › DPRD Minta Polres Sintang Usut Tuntas Oknum Polisi Lakukan Pungli

Semua Berita,Sintang

DPRD Minta Polres Sintang Usut Tuntas Oknum Polisi Lakukan Pungli

Teks Foto : Ketua Komisi A.Syahroni

MATABORNEONEWS.COM, Sintang – Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sintang,Syahroni meminta para penegak hukum yang ada di Kabupaten Sintang , supaya mengusut tuntas dan menindak lanjuti semua laporan masuk terkait pungli,salah satunya Syahroni menyebut Pihak Polres Sintang.

Lanjut dia,Pihak Polres agar melakukan penegakan supremasi hukum mengacu pada Perpres Nomor 87 tahun 2016 tentang Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar, didalam pasal 1 ayat 2 yang berbunyi jangan sepelekan soal tindakan pungli.

Menurutnya, gebrakan Presiden tersebut merupakan satu solusi untuk menindaklanjuti pemberantasan kasus korupsi yang diawali dari akumulasi hal terkecil sehingga menjadi besar dari sabang sampai merauke.

“Menanggapi gebrakan Presiden terkait Perpres tentang pungli menurut saya itu suatu solusi untuk menindaklanjuti pemberantasan kasus korupsi di Negeri ini dimulai dari hal yang kecil,”ujarnya.

Berangkat dari sana pasalnya Ketua Komisi A DPRD Sintang, Syahroni turut menyampaikan telah menerima beberapa keluhan salah satunya keluarga tersangka kasus minyak yang ditangani Polres Sintang. Dimana, keluarga tersangka mengaku telah menyerahkan sejumlah uang sebesar puluhan juta rupiah ke oknum Kepolisian Sintang.

“Itu sudah indikasi pungli,” tegas Syahroni saat ditemui di Gedung DPRD Sintang, Rabu (26/10).

Kesempatan itu  Syahroni juga  mempertanyakan mengapa hanya tersangka pembawa minyak ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Sintang. Sementara, SPBU tempat mendapatkan BBM tidak ikut ditindak. Padahal harusnya jika dilarang membawa pakai drum, mestinya SPBU yang melayani perlu juga diproses secara hukum.

“Minyak menjadi ilegal ketika dibawa dari SPBU. Itu minyak subsidi, melebihi kapasitas mengangkutnya seperti menggunakan drum. Pembawa ditangkap,  SPBU yang mengeluarkan dibiarkan, ini pembiaran namanya seharusnya juga ikut diproses ,” bebernya

Menurut Syaroni, pihaknya sangat menyambut baik atas atensi terhadap pungutan liar. Bahkan Presiden langsung memberi sinyal perlunya memberantas pungli. Kebijakan Presiden dipandang sejalan dengan visi misi revolusi mental.

“Kita berharap pemberantasan pungli mesti dijalankan secara tegas sejalan dengan visi misi. Termasuklah di Sintang,”katanya.

Terpisah, Kapolres Sintang AKBP Suharjimantoro membantah, jika di intitusi Polri khsusnya Polres Sintang terdapat oknum yang melakukan pungli. Baik dalam pembuatan SIM maupun penanganan perkara.

Tudingan yang disampaikan, menurut Kapolres, perlu dibuktikan kebenarannya. “Siapa oknum anggota di Polres Sintang dan dimana letak punglinya serta berapa nominalnya,” katanya.

Kapolres memastikan tindakan tegas dijatuhkan terhadap anggota bila terbukti pungli. Namun semua perlu pembuktian. “Jangan hanya tudingan yang dilontarkan. Jika ada ada pungli, akan saya tindak. Tetapi, harus dibuktikan kalau ada oknum anggota kami,” tegas Kapolres.

Kapolres juga menegaskan  akan menindak oknum yang melakukan pungli baik tegas di pemerintahan maupun diluar. “Pungkasnya.

Sumber : Harian Berkat

Pewarta : Susi

Editor :Dody


 

DPRD Minta Polres Sintang Usut Tuntas Oknum Polisi Lakukan Pungli Reviewed by on October 27, 2016 .

Teks Foto : Ketua Komisi A.Syahroni MATABORNEONEWS.COM, Sintang – Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sintang,Syahroni meminta para penegak hukum yang ada di Kabupaten Sintang , supaya mengusut tuntas dan menindak lanjuti semua laporan masuk terkait pungli,salah satunya Syahroni menyebut Pihak Polres Sintang. Lanjut dia,Pihak Polres agar melakukan penegakan supremasi hukum mengacu pada Perpres Nomor 87

ABOUT AUTHOR /

Leave a Reply

%d bloggers like this: