Pemuda Diminta Jaga Keutuhan Negara NKRI

 ›  ›  › Pemuda Diminta Jaga Keutuhan Negara NKRI

Semua Berita,Sintang

Pemuda Diminta Jaga Keutuhan Negara NKRI

MATABORNEONEWS.COM, Sintang –Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med.Ph, menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 88 tahun 2016 di Lapangan Makodim 1205 Sintang, Jumat (28/10).

Pada kegiatan kali ini, Bupati Sintang membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi. Dalam sambutan tersebut, Menpora menyebutkan para pemuda di seluruh negeri agar tetap berjuang dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“berupaya sekuat tenaga demi kemajuan dan kemakmuran Bangsa Indonesia,” Kata dr. Jarot.

Dalam sambutan tersebut, Bupati juga menyebutkan prestasi-prestasi para tokoh pemuda Indonesia di kancah Nasional dan Internasional. “ seorang pemuda Indonesia,Rio Haryanto (23) berhasil mencapai level tertinggi balap mobil internasional F.1. Owi dan Butet, peraih medali emas cabang olah raga bulutangkis di Olimpiade Rio de Jeneiro Brasil,” kata dr. Jarot. “Di bidang lain, ada Joe Taslim yang menjadi aktor di salah satu film bergengsi dunia, film Fast and Furious. Di dunia musik, Indonesia punya Sandhy Sundoro yang berhasil menyabet penghargaan International Contest of Young Pop Singer di Latvia,” tambahnya.

Selain pada bidang tersebut, ada juga disebutkan nama Nadiem Makarim, pendiri Go-Jek dan Gamal Ali Bin Said dengan inovasi Asuransi Bank sampahnya. “para pemuda Indonesia yang saya banggakan, hari ini adalah hari kebangkitan anak muda Indonesia,” tegas Bupati. “Terus bergerak memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasannya untuk kesejahteran dan kebesaran Bangsa Indonesia, terutama di mata dunia,” pungkas dr. Jarot menutup sambutan Menpora.

Pada upacara peringatan sumpah pemuda ke 88 tahun 2016 di Sintang, panitia memberikan nuansa yang berbeda. ada sebuah simbolisasi kesatuan nusantara yang diketengahkan oleh Panitia. Sejumlah pemuda hadir dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai suku dan daerah di Indonesia. Pada awal upacara mereka berbaris di setiap sudut lapangan. Ketika pembacaan ikrar sumpah pemuda, mereka bergerak ke tengah lapangan. Lalu setelah membacakan sekali lagi ikrar para pemda di 28 Oktober 1928 silam, mereka membentuk barisan di salah satu sudut lapangan upacara. “Dengan cara ini, kita ingin para pemuda melestarikan budaya bangsa melalui pengenalan ragam baju adat ini,” terang H. Junaidi, Ketua panitia peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 88 ini.

Di tempat terpisah Ketua Komita Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Sintang, Supriyadi menyampaikan masih kurang maksimalnya peran pemuda di Sintang. “namun di dalam internal, Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) sudah bergerak secara aktif,” kata Supriyadi. Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sintang, Syarifuddin menyampaikan harapannya kepada para pemuda khususnya di Sintang. “Jangan ikutan yang negatif-negatif seperti narkoba. Berkarya untuk kemajuan daerah kita,” kata Syarifuddin.

Turut hadir dalam acara tersebut, Komandan Kodim 1205, Kolonel Inf. Wakapolres Sintang, Kompol Pulung Wietono, dan beberapa tamu undangan dari forkopinda Sintang.

 

Pewarta : Susianti

Editor    : Dody

Pemuda Diminta Jaga Keutuhan Negara NKRI Reviewed by on October 29, 2016 .

MATABORNEONEWS.COM, Sintang –Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med.Ph, menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 88 tahun 2016 di Lapangan Makodim 1205 Sintang, Jumat (28/10). Pada kegiatan kali ini, Bupati Sintang membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi. Dalam sambutan tersebut, Menpora menyebutkan para pemuda di seluruh negeri agar tetap

ABOUT AUTHOR /

Leave a Reply

%d bloggers like this: